Art

Perspective Watercolor Painting Workshop

Hello hello! Kali ini aku mau sedikit cerita soal pengalamanku mengikuti Perspective Watercolor Painting Workshop bersama Ganara Art Space di CASA Indonesia 2016. Workshop yang aku ikuti ini diadakan pada 4 Juni 2016 kemarin di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta dan berlangsung selama dua jam . Berhubung workshop ini masih ada hubungannya dengan pekerjaanku sekarang, jadi keikutsertaanku dalam workshop ini ditanggung oleh kantor (biasanya aku belajar sendiri lihat-lihat dari Youtube).

IMG-20160605-WA0008.jpg
Perspective Watercolor Painting Workshop

Di awal workshop ini dimulai, aku dan peserta lainnya diberikan pengetahuan seputar menggambar perspektif dari satu titik dan dua titik. Aku sendiri sudah agak-agak lupa tentang menggambar perspektif (terakhir aku lakukan saat kuliah semester 4, semester selanjutnya full menggunakan komputer) dan tahap ini cukup lumayan buat flashback ilmu-ilmu yang aku dapatkan semasa kuliah.

IMG-20160605-WA0009.jpg
Perkenalan Dasar Membuat Gambar Perspektif

Setelah diperkenalkan tentang dasar menggambar perspektif satu titik dan dua titik, kemudian kami langsung diperkenankan untuk mencoba membuat sketsa gambar perspektif di atas kertas HVS menggunakan pensil dan penggaris. Disana juga disediakan beberapa gambar interior dan eksterior yang dapat kami jadikan contoh. Gambar yang aku pilih untuk aku buat adalah interior rumah berhubung aku dulu kuliah jurusan Arsitektur Interior, jadi aku memang lebih menyukai interior dibandingkan eksterior.

IMG-20160605-WA0013.jpg
Sketsa Sebelum Diwarnai

Setelah mencoba-coba membuat sketsa di HVS, kemudian aku dan peserta lainnya mulai membuat sketsa ulang di kertas khusus watercolor. Pada tahap ini, aku membuat sketsa lebih detail lagi untuk membuat ruangan terlihat hidup. Setelah selesai membuat sketsa, aku dan peserta lain diajarkan teknik mewarnai dengan cat air.

Menggunakan cat air memang gampang-gampang susah karena sangat berbeda dengan marker, crayon ataupun cat minyak karena yang mendominasi teknik dari pewarnaan menggunakan cat air adalah warna kertas itu sendiri. Jadi, biasanya cukup dibaurkan tipis-tipis di kertas dengan tetap menyisakan bagian kertas berupa titik-titik yang tidak diwarnai. Untuk mendapatkan ketebalan warna, biasanya diwarnai beberapa kali. Dan setelah selesai, bisa diberikan beberapa outline dengan menggunakan drawing pen.

IMG-20160605-WA0011 copy.jpg
Hasil Karyaku

Itu dia hasil karyaku mengikuti workshop ini. Terhitung lumayan untuk aku yang sudah lama tidak gambar tangan dan pegang kuas. Dan dibawah ini adalah fotoku bersama peserta lain yang mengikuti workshop ini. Terima kasih Ganara dan BRAVACASA untuk kesempatannya. Semoga aku punya kesempatan untuk ikut workshop lagi.

IMG-20160605-WA0014.jpg
Bersama Para Peserta Lainnya

banner-word-ok

Leave a Reply

