Lifestyle

Sadar Berkendara Aman Bersama Queenrides

Kan deket, yaudahlah gausah pake helm

Ngapain sih pake helm, kan cuma ke depan aja

Pernah ga sih kamu denger atau bahkan ngucapin kalimat tersebut? Sering banget lho orang-orang atau bahkan diri kita sendiri menyepelekan berkendara karena menurut kita dekat dari rumah atau lingkungan kita, pasti aman-aman aja. Padahal, itu semua belum tentu benar. Apalagi kalau soal berkendara, lingkungan yang paling akrab dengan kita pun tetap besar kemungkinannya untuk terjadi kecelakaan atau kejahatan.

Final Facts-02.jpg

Kenapa sih, tumben banget aku bahas-bahas berkendara gini? Jadi beberapa minggu lalu, pagi-pagi sekitar jam 6, tahu-tahu ada bunyi kencang dari luar rumah. Pas aku cek, ternyata ada yang naik motor terus jatuh nggak jauh dari rumah aku. Di motor itu ada 2 anak SD, laki-laki dan perempuan yang lagi dibonceng sama kakak perempuannya.

Kakaknya bilang mereka jatuh karena adik-adiknya itu nggak bisa diam. Padahal jarak dari tempat jatuh dan rumah mereka hanya sekitar 35 meter. Ditambah lagi, si kakak dan adik-adiknya tersebut sama sekali nggak pakai helm dan alat pengaman berkendara lainnya dengan alasan sekolah adik-adiknya dekat dari rumah. Dan adik laki-lakinya terlihat sangat kesakitan hingga akhirnya dibawa pulang ke rumah.

final-facts-07

Cerita di atas cuma salah satu kejadian kecil yang terjadi di sekitar lingkunganku. Faktanya, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan kecelakaan lalu lintas yang tertinggi di dunia. Setiap 1 jam, 3 orang meninggal dunia di jalan akibat kecelakaan.

Dan dalam tiga tahun terakhir, jumlah pengendara perempuan baik motor maupun mobil meningkat hingga sekitar 42%, Sementara angka kecelakaan yang melibatkan perempuan bermotor meningkat hingga 49,5% (data Korlantas 2014).

Final Facts-04.jpg

Final Facts-03.jpg

Inilah fakta yang seharusnya diketahui oleh para perempuan yang berkendara. Tingginya angka kecelakaan yang melibatkan perempuan, harus menjadi kesadaran bagi para perempuan untuk lebih berhati-hati lagi. Apalagi survey Queenrides yang melibatkan 800an perempuan usia 24-40 tahun  menunjukkan, 80% dari perempuan yang berkendara mencari nafkah untuk keluarganya.

Belajar dari kejadian kecil yang aku ceritakan di atas, kita sebagai pengendara perempuan umumnya umumnya kurang sadar akan keamanan dan keselamatan diri sendiri. Mungkin banyak dari kita yang beranggapan kalau jatuh hanya memar atau luka. Padahal resikonya jauh lebih besar dari itu, bahkan bisa menghilangkan nyawa.

Final Facts-05.jpg

Final Facts-08.jpg

Mungkin selama ini sudah banyak sosialisasi dan penanganan kasus kecelakaan di Indonesia, namun belum banyak yang melibatkan perempuan secara langsung dan dengan cara yang efektif. Disinilah Queenrides hadir untuk mengedukasi para pengendara perempuan agar dapat berkendara lebih aman lagi.

Melalui movement #womenridesafeQueenrides, start up social enterprise berbasis teknologi, ingin memberdayakan perempuan agar sadar pentingnya berkendara aman. Queenrides sendiri, sejak Januari 2016 hingga sekarang, memulai dan terus melakukan edukasi office to office hingga Mal to Mal untuk mengedukasi dan menjangkau para perempuan.

Kalau kamu penasaran dengan movement #womenridesafe dan ingin menjadi bagian dari movement ini serta belajar safety riding bersama ratusan ribu perempuan lain pada 20 November 2016 nanti, kamu bisa daftar disiniYuk jadi bagian dari Queenrides!

#womenridesafe #Queenrides

Website | Facebook | Instagram | Twitter

banner-word-ok

Advertisements

2 thoughts on “Sadar Berkendara Aman Bersama Queenrides

    1. iya bangeeet. Malah aku pernah liat ibu-ibu bawa bayi digendong pake kain gitu di depan naik motor. Kan yang liat yang serem 😦 Kadang kalo liat anak-anak ga aman di motor, berasa orangtuanya ga aware sama keselamatan anaknya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s