Lifestyle

Liburan ke Jepang di Musim Semi? Ini 3 Festival yang Wajib Kamu Nikmati

Dari dulu hingga kini, negara Jepang memang kian menjadi destinasi wisata yang diminati banyak orang. Negara dengan 4 musim ini ternyata memiliki hal-hal menarik seperti festival yang hanya terjadi di waktu tertentu. Salah satunya adalah saat musim semi di Jepang. Kira-kira apa saja ya festival yang diselenggarakan saat musim semi? Tentunya ini bisa jadi momen tak terlupakan saat kamu liburan di Jepang!

2403392180_ce7303c8c8_o.jpg
Bunga Sakura Bermekaran di Jepang. source: read-jam.com

Kodomo No Hi

Kodomo No Hi adalah perayaan hari anak di Jepang yang berlangsung pada tanggal 5 Mei. Dahulu Kodomo No Hi merupakan perayaan untuk anak laki-laki yang bertujuan untuk menghormati kepribadian anak, merencanakan kebahagiaan anak dan sebagai ungkapan terima kasih kepada ibu. Seiring perkembangan waktu, Kodomo No Hi tidak lagi hanya untuk adak laki-laki, tetapi juga untuk anak perempuan.

4935e44275a4a2625f5376505b17b033
source: pinterest
download.png
source: the-rice-bowl.net

Ciri khas dari perayaan ini adalah biasanya setiap keluarga yang memiliki anak laki-laki, memasang koinobori (bendara berbentuk ikan Koi) di halaman rumah mereka. Satu set Koinobori sendiri terdiri dari:

  • ryūdama, bola yang dapat berputar dan dipasang di ujung tiang
  • yaguruma, roda berjari-jari anak panah yang dipasang di bawah ryūdama. Baik ryūdama dan yaguruma dipercaya dapat mengusir roh jahat
  • fukinagashi, sarung angin berhiaskan panji-panji (biru, merah, kuning, putih, dan hitam) yang melambangkan 5 unsur yaitu katu, api, air, tanah, dan logam. Fukinagashi dipercaya sebagai penangkal segala penyakit.
  • bendera-bendera berbentuk ikan koi dengan warna dan ukuran yang berbeda-beda. Hitam/magoi (ayah) memiliki ukuran yang paling besar, dibawahnya terdapat koi berwarna merah/higoi (ibu) dengan ukuran lebih kecil dari magoi, dan selanjutnya adalah koi anak sulung (hijau), tengah (biru) hingga anak terakhir dengan warna berbeda dan ukuran yang semakin kecil.

Omizutori

Omizutori adalah festival pembawa kabar musim semi yang dilakukan sejak abad ke-8. Biasanya Omizutori di salah satu kuil yang terkenal di Jepang, yaitu Aula Nigatsu-do, Kuil Todai-ji, Nara Wilayah Kansai. Dimulai dari tanggal 1 Maret, selama 14 hari ke depan, para biksu melakukan doa dan pengakuan dosa di depang patung Dewa Kannon yang juga bertujuan untuk memohon perdamaian dan kemakmuran.

4110_09_new.jpg
source: japan-guide
omizutori_03.jpg
source: er.jal.com
GettyImages-166523469_full-1.jpg
source: japan-guide

Puncak dari festival ini biasanya terjadi pada hari ke 12, dimana pada malam hari obor yang sangat besar berkobar mengelilingi aula Nigatsu-do. Orang-orang yang berkerumun di bawah biasanya akan bermandikan percikan api, dan hal ini dipercaya bahwa mereka akan terlindungi dari hal buruk.

Hanami

Traveling ke Jepang saat musim semi memang nggak lengkap rasanya kalau kamu melewatkan festival yang satu ini. Saat musim semi, saat dimana bunga sakura bermekaran, biasanya warga Jepang beramai-ramai piknik di bawah pohon bunga sakura atau yang dikenal dengan sebutan Hanami. Mereka akan duduk beralaskan karpet, tikar atau kain dan membawa berbagai macam makanan dan minuman, dan kemudian menghabiskan waktu dengan mengobrol sambil menikmati keindahan bunga sakura.

hanami-kyoto.jpg
source: speakzeasy
harajuku-hanami-kawaii-2013-03-31-041
source: tokyo fashion

Momen dimana bunga sakura bermekaran tidak hanya berharga bagi para turis yang berwisata ke Jepang, tetapi juga bagi warga Jepang itu sendiri. Tentu saja siapapun tidak ingin melewatkan momen bunga sakura bermekaran yang hanya berlangsung 7-10 hari saja.

Itu dia 3 festival yang bisa kamu nikmati saat berwisata ke Jepang sendiri ataupun dengan keluarga. Kalau kamu masih bingung dan ragu berwisata ke Jepang yang aman dan nyaman, kamu bisa menggunakan jasa H.I.S. yang merupakan Online Travel Agent dengan berbagai macam fasilitas yang ditawarkan khusus selama kamu liburan di Jepang.

Mulai dari tiket pesawat ke Jepang,JR Pass untuk kereta, hingga transportasi pesawat dan akomodasi dari satu kota ke kota lainnya di Jepang (HAnavi, lengkapnya bisa kamu baca disini) juga disediakan oleh H.I.S. Buat kamu yang berlibur dengan keluarga, kamu bisa coba paket tour yang ditawarkan oleh H.I.S, ada beragam destinasi paket wisata yang ditawarkan oleh H.I.S.

Untuk tiket pesawat dan hotel, kamu bisa langsung book melalui HISGO. Tinggal pilih, klik, done! Liburan ke Jepang jadi lebih mudah kalau bersama H.I.S.!

#JAPAN #HIS #HISGO #BEAUTYNESIA

H.I.S. | HISGO | BEAUTYNESIA

banner-word-ok

Advertisements

One thought on “Liburan ke Jepang di Musim Semi? Ini 3 Festival yang Wajib Kamu Nikmati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s