Fashion

Mengenal KANA GOODS di 2nd Lotte Beauty Voyage

Siapa disini yang belum tahu KANA GOODS? KANA GOODS adalah brand clothing yang mengangkat batik tulis dengan warna indigo. KANA GOODS sendiri diproduksi oleh Ibu Sancaya Rini sebagai bentuk keinginannya mengangkat batik tullis yang kini mulai ditinggalkan karena kehadiran batik printing.

IMG_4674a.jpg

Tertarik mengenal KANA GOODS lebih jauh lagi, minggu lalu aku mendatangi talkshow “Enchanting Indonesian Fashion with KANA GOODS” bersama Lotte Duty Free Indonesia, Cindy Karmoko (Fashion Blogger) dan Ibu Sancaya Rini (Founder KANA GOODS).

Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia merupakan budaya yang ingin dilestarikan oleh Ibu Sancaya Rini. Sedangkan warna indigo sendiri yang menjadi identitas KANA melambangkan warna yang kuat dan memiliki ciri khas.

IMG_4713a.jpg

bahan pembuatan KANA

Sebagai brand clothing batik tulis, KANA sendiri menggunakan bahan alami seperti sutra, cotton, linen atau rami. Ternyata nggak semua bahan bisa digunakan untuk membuat batik tulis lho. Bahan seperti polyester atau bahan yang mengandung polyester (meskipun nggak banyak) tidak bisa digunakan untuk membuat batik tulis.

IMG_4716a.jpg

Bahan pewarna yang digunakan KANA tidak ada satupun yang menggunakan bahan pewarna kimia. Semua berasal dari alam, seperti daun rambutan, daun mangga, daun ketapang, kayu mahoni, kulit jengkol, kulit rambutan, hingga buah jelawi. Semua bahan alam ini biasanya direbus dan direndam sehingga warnanya keluar dan bisa digunakan untuk mewarnai kain.

Selain tidak merusak alam, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat KANA juga ramah terhadap manusia. Seringkali pewarna kimia bisa merusak kulit jika kita bersentuhan langsung dalam jangka waktu yang lama, makanya bahan-bahan alami dengan warna natural pun dipilih oleh Ibu Sancaya Rini.

proses pembuatan produk KANA

Karena KANA merupakan batik tulis, tentunya pembuatannya pun dibuat menggunakan tangan, canting dan lilin. Setiap pola digambar satu persatu secara mendetail. Makanya nggak heran kalau 1 kain aja pembuatannya membutuhkan waktu minimal 8 hari (wow).

Belum lagi setelah itu ada namanya proses pewarnaan yang memakan waktu selama 1 minggu. Jadi, kain yang telah ditulis tadi, dicelup ke dalam pewarna dan kemudian dijemur. Proses pencelupan ini dilakukan sebanyak 8 kali selama 1 minggu. Setelah berwarna, proses terakhir adalah direbus kembali hingga lilin tersebut luruh dan menjadi pola yang telah ditulis sebelumnya (berwarna putih).

Jika dihitung, 1 kain saja membutuhkan waktu selama 2 minggu dan semuanya dilakukan dengan tenaga manusia. Makanya nggak heran kalau kualitas KANA sangat bagus dan sebanding dengan harganya.

IMG_4720a.jpg

inspirasi KANA

Bicara soal batik, pasti nggak jauh-jauh dari pola batik itu sendiri. Bagi KANA, inspirasi untuk batik tulisnya bisa datang dari manapun. Salah satu contohnya adalah pola wiremesh, bentukan bungkus permen dan masih banyak lagi. Bagi Ibu Sancaya Rini, inspirasi KANA tidak terbatas, karena tujuan KANA hanya 1, memberikan kebahagiaan bagi orang yang memakainya.

—————————————————————————————————————————————–

Setelah sesi talkshow bersama KANA, kini giliran Cindy Karmoko melakukan styling bagi peserta yang tertarik dengan produk KANA dan ingin menggunakan produk KANA dengan style yang tidak biasa.

IMG_4759a.jpg

Ini dia 2 peserta yang telah distyling oleh Cindy Karmoko. Scarf KANA nggak digunakan sebagai scarf umumnya (digunakan di bagian leher), tapi dibuat semacam rok lilit yang menarik yang bisa membuat kita jadi pusat perhatian.

Kalau selama ini kamu menganggap batik nggak menarik karena memiliki kesan “old” atau “kondangan” style, KANA bisa jadi salah satu pilihan buat kamu utnuk menggunakan batik dengan lebih modern.

IMG_4794a.jpg

IMG_4783a.jpg

Cheers,

#2ndlottebeautyvoyage

banner-word-ok

Advertisements

2 thoughts on “Mengenal KANA GOODS di 2nd Lotte Beauty Voyage

  1. Aku pernah datang ke museum Batik dan memang detail dan lama ya Ka Cyn pembuatannya. Batik tulis emang kualitasnya bagus dan sebanding sama harganya. Jaman sekarang batik juga banyak modelnya jadi bisa dipakai di acara apa aja gak melulu kasih kesan formal atau tua ^^

    xoxo, Kartikaryani
    [www.kartikaryani.blogspot.com]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s