Beauty

Cantik nggak Selalu Putih, Cantik itu Bangga dengan Warna Kulitmu!

Punya kulit cerah dan putih bisa jadi impian banyak wanita. Padahal nggak semua wanita terlahir dengan warna kulit putih. Perempuan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke dengan ragam kebudayaan, juga terlahir dengan perbedaan, salah satunya warna kulit. Ada yang putih, kuning langsat, sawo matang hingga hitam.

Sayangnya, definisi cantiknya seseorang makin kesini seakan-akan menyempit, bahwa cantik itu putih jadi sebuah standar kecantikan yang ideal. Bukan kuning langsat, bukan sawo matang, apalagi hitam. Makanya nggak heran kalau beberapa perempuan seperti terobsesi menjadi putih.

Multi-ethnic group of young women: African, Asian, Indian and Caucasian.
source: savvybrown.com

Sebagai pemilik kulit kuning langsat, dulu aku juga sempat berpikir bahwa “pasti aku akan lebih cantik, jika bekulit putih”. Pola pikir ini secara nggak langsung sudah tertanam bahkan sejak remaja. Masih hangat di ingatan, bahwa pujian cantik seseorang sering kali muncul bagi perempuan berkulit putih. Sangat jarang dan mungkin hampir tidak ada pujian yang keluar untuk perempuan atau teman-teman yang berkulit gelap.

Setelah dewasa, banyak hal yang telah aku pelajari, terutama belajar menerima dan bangga akan diri sendiri. Hey, kuning langsat, sawo matang, dan hitam bukan berarti kita jelek. Tapi kita berbeda, dan berbeda itu menyenangkan lho. Bayangin deh kalau satu dunia isinya manusia berkulit putih semua, mana pernah kita tahu yang namanya kecantikan yang eksotis? Bahwa apapun warna kulitnya, semua perempuan itu cantik?

cantik itu cerah

Let me define what beauty is. Kalau selama ini kamu bilang cantik itu putih, it’s totally wrong! Yang benar cantik itu cerah. Yap! Dan kulit cerah bisa kamu dapatkan dengan merawat kulit secara rutin.

Setelah dewasa dan diharuskan bertemu banyak kolega, rasanya aku jadi kangen masa sekolah. Bebas panas-panasan, bebas lari-larian, kehujanan, tanpa takut gosong. Kalaupun keling, rasanya nggak masalah, toh aku masih masa-masa bermain.

FotorCreatedcropped
source: soposted.com

Saat sudah memasuki dunia kerja profesional, aku jadi aware sepenuhnya dengan tampilan mulai dari kepala hingga ujung kaki. Kalau dibandingkan dengan jaman sekolah sih, pastinya beda jauh ya, haha. Ternyata merawat diri agar punya kulit cerah dan sehat nggak mudah lho.

Demi mempertahankan kulit cerah, aku jadi jarang banget panas-panasan, yah menghindari aktivitas diluar, walaupun sebenarnya aktivitas outdoor itu menyenangkan. Dan nggak absen menggunakan produk perawatan kulit yang sesjujurnya kadang-kadang kalau lagi capek agak males, tapi harus >_<

bangga dengan warna kulitmu

Fakta bahwa kulit cerah pun didapat dengan perjuangan, sepertinya kurang adil jika cantik hanya didefinisikan putih. Makanya, yuk Bangga Dengan Warna Kulitmu yang cerah, apapun warnanya #IAmBright.

Nggak semua yang sama itu bagus, kadang perbedaan malah membuat sesuatunya jadi terlihat lebih indah. Percayalah bahwa semua remaja perempuan itu cantik apapun warna kulit kalian. Jangan pernah malu, apalagi minder hanya karena kulitmu nggak putih. Kamu punya kesempatan yang sama kok dengan mereka yang berkulit putih dalam melakukan apapun yang kamu inginkan dan bangga menjadi bagian “Colorful Indonesia”

cnc.PNG

maxresdefault

Kalau kamu setuju dengan gerakan #BanggaDenganWarnaKulitmu, yuk tunjukkan dukunganmu melalui http://kbj.review/akusetuju bersama Clean & Clear®. Kamu juga bisa posting di social mediamu agar semua teman-temanmu melihat, setuju dan ikut serta dalam gerakan ini. Bisa jadi, mereka punya pengalaman yang sama dengan kamu!

Yuk, bangga dan percaya dengan diri sendiri apapun warna kulitmu! 🙂

Cheers,

#BanggaDenganWarnaKulitmu #IAmBright

banner-word-ok

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s