Beauty

QV Skincare, Produk untuk Perawatan Kulit Kering dan Sensitif [REVIEW]

“Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat”

Kalau membaca kalimat di atas, kira-kira kamu udah menjaga dan merawat kulit dengan baik belum? Kurang lebih itu yang aku pelajari dari event hari Rabu, 8 Agustus 2018 lalu bersama QV Skincare. Berlokasi di Greyhound Cafe, Grand Indonesia, aku dan teman-teman blogger lainnya belajar hal baru mengenai sebenarnya kulit kami butuhnya apa sih? Apa produk yang selama ini kami gunakan sudah benar?

Beberapa hari sebelum event bersama QV, aku dikirimin hampers dan invitation dari Mahakam Beta Farma yang merupakan sole distributor yang ditunjuk oleh EGO Pharmaceuticals, serta Fcetofeet sebagai media partner. Ada 3 produk dalam hampers tersebut, yaitu QV Wash, QV Skin Lotion dan QV Cream yang bisa aku coba sebelum datang ke event. Jadi nanti aku bisa sharing dengan teman-teman blogger lainnya mengenai QV.

IMG_8999a.jpg

IMG_9007a

Di blogger gathering kali ini, aku belajar banyak banget soal merawat kulit yang benar, salah satunya dengan tidak menggunakan produk sabun. Bingung ga sih? Soalnya kan dari kecil sampai sekarang aku kalau mandi pasti pakai sabun, tapi ternyata malah nggak boleh. Termasuk juga produk-produk seperti lotion. Biasanya kan kita cenderung memilih produk yang wangi dan banyak kandungan perfumenya, tapi ternyata seharusnya kita berpikir lagi, yang kita perlukan itu sebenarnya manfaat lotionnya atau perfumenya? Jangan sampai ternyata produk yang kita gunakan, manfaatnya malah berkurang karena ada kandungan yang sebenernya nggak terlalu diperlukan.

collage555.jpg

Berdasarkan penjelasan Mr. Chris Arblaster (International Development Manager) dari Ego Pharmeceuticals dan Ibu Evi (Head of OTC Division) dari Mahakam Beta Farma, cara paling baik merawat kulit adalah dengan

  • menjaga kulit dalam kondisi optimal
  • hindari penggunaan sabun
  • menggunakan pelembap secara berkala

Beberapa poin seperti menghindari penggunaan sabun cukup di highlight dalam blogger gathering kali ini. Sabun ternyata memiliki kandungan alkaline yang tinggi yang bisa mengikis lapisan lemak, dan membuat ph kulit jadi tidak seimbang dan mengakibatkan kulit menjadi kering.

Secara garis besar, ada 3 faktor yang mempengaruhi kulit, yaitu

  • usia
  • lingkungan
  • obat-obatan

Bisa dibilang, 3 faktor di atas punya pengaruh besar pada kesehatan kulit kita, dan masalah kulit juga bisa bertambah jika kita tidak merawat kulit dengan baik.

IMG_9053a.jpg

Pernah kepikiran nggak, kenapa kalau bayi setiap habis mandi pasti sering dikasih minyak telon? Dan setelah dewasa malah nggak. Menurut Dr. Sugianto (Senior Product Manager QV) dari Mahakam Beta Farma, cairan dalam kulit bayi lebih mudah menguap, sedangkan kulit orang dewasa bisa menahan penguapan tersebut. Makanya setelah dewasa kayak aku gini, mungkin jadi kurang aware kalau kulit sebenarnya juga butuh perawatan yang tepat.

Bicara tentang merawat kulit dengan baik, produk yang digunakan juga tentunya harus mendukung. QV sendiri merupakan brand dermatological skincare No. 1 di Australia, dengan kandungan squalane di dalam produknya yang bisa membuat kulit menjadi lembut. Sedangkan kebanyakan produk dari brand lain tidak ada kandungan squalane.

IMG_6522a.jpg

Selain itu, salah satu produk QV, yaitu QV Wash punya kandungan glycerine sebesar 10% dan termasuk produk dengan kandungan glycerine tertinggi dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Glycerine sendiri berfungsi untuk menahan kadar air sehingga dapat membuat kulit halus.

Selesai sharing bersama Ibu Maria, Mr. Chris dan Dr. Sugianto, acara selanjutnya adalah mengunjungi Guardian yang terletak di Lower Ground Grand Indonesia. Fyi, Guardian adalah official store dimana kamu bisa membeli produk QV yah. Disana ada booth QV dimana kami bisa melakukan skin check dan mengetahui masalah kulit masing-masing. Selain itu ada juga promo diskon 50% untuk produk QV khusus di hari itu saja. Menarik banget ya!

IMG_9058a.jpg

Fyi, melakukan skin check secara rutin itu perlu lho. Seperti yang aku sebutkan di atas, umur, lingkungan serta obat-obatan yang kita konsumsi sangat mempengaruhi keadaan kulit. Makanya besar kemungkinan kondisi kulit kita bisa berbeda atau berubah setiap melakukan pengecekkan.

Kalau aku pribadi, kulit wajah cenderung kombinasi – normal to oily, tapi kalau kulit tubuh malah cenderung kering. Makanya waktu kemarin dikirimin hampers oleh QV, aku langsung cobain biar kulitku jadi lebih sehat.

IMG_6556a.jpg

QV Skincare

QV adalah rangkaian produk perawatan kulit yang diformulasikan secara khusus untuk pemilik kulit kering hingga bagi yang memiliki berbagai permasalahan kulit seperti sensitif, eksim, iritasi, dermatitis, prioriasis hingga athopic. Aku pribadi sejak kecil sering mengalami alergi kulit, meskipun setelah dewasa semakin jarang, namun nggak menutup kemungkinan suatu saat akan timbul kembali. Makanya perawatan kulitku juga harus sedikit ekstra dibandingkan dengan orang lain.

Selain punya kandungan glycerine yang cukup tinggi dan mengandung squalane, QV memang dibuat untuk melindungi kulit sensitif dari cuaca ekstrim juga bebas dari kandungan pewangi, deterjen, dan kandungan lain yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit. QV juga memiliki PH seimbang, sehingga tidak membuat kulit menjadi kering.

IMG_9379a.jpg

QV Wash

QV Wash punya tekstur yang cenderung lebih cair daripada sabun cair biasa. Busanya pun tidak banyak saat aku beri air, serta tidak beraroma apapun. Meskipun busanya tidak banyak (tapi tetap ada), QV Wash ini nggak perlu dipakai berlebihan. Cukup dituang secukupnya, sudah bisa digunakan di seluruh tubuh, termasuk wajah, jadi pemakaiannya juga nggak boros.

Kalau sabun yang biasanya aku gunakan punya sensasi kesat setelahnya, QV sama sekali nggak bikin kulit kesat, malah terasa lembap dan halus. OHiya, meskipun ada juga sabun yang memberikan rasa moist setelah penggunaan, tapi menurutku moistnya agak sedikit tidak nyaman karena terasa terlalu licin. Sedangkan QV Wash menurutku moistnya tergolong nyaman.

IMG_9381a.jpg

IMG_9385a.jpg

IMG_9397a

QV Skin Lotion

Nggak jauh berbeda dengan QV Wash, QV Skin Lotion juga punya tekstur yang lebih cair daripada lotion yang biasa aku gunakan. Jadi produknya lebih mudah dan cepat  meresap di kulit. Rasanya juga ringan banget, nggak ada tuh rasa lengket di kulit dan keringnya juga cepat, tapi kulit tetap terasa lembapnya. Agar hasilnya lebih cepat terasa, sebaiknya QV Skin Lotion ini digunakan rutin setelah mandi ya, jadi kulit juga dalam keadaan bersih sehingga produk bisa diserap dengan maksimal dan bekerja dengan efektif.

IMG_9386a.jpg

IMG_9387a.jpg

collage1a

QV Cream

Tadinya aku sempat bingung dengan QV Cream dan QV Skin Lotion karena keduanya punya fungsi yang mirip. Setelah aku coba, ternyata QV Cream punya tekstur yang lebih thick daripada QV Skin Lotion. QV Cream sendiri ternyata bisa digunakan kapanpun kita inginkan dan biasanya digunakan pada spot-spot yang dirasa membutuhkan perawatan lebih (misal di kulit yang terdapat eksim). Kandungannya juga membuat QV Cream lebih ampuh untuk mengatasi masalah kulit.

IMG_9388a

IMG_9390a

collage2a

Ohiya, produk-produk QV ini, meskipun memang bisa digunakan untuk kulit yang bermasalah, namun sifatnya bukan menyembuhkan ya, melainkan me-maintain kulit untuk mengurangi resiko timbulnya kembali masalah tersebut. Karena seperti yang tadi aku bilang, kulit sensitif dan yang memiliki masalah tentunya butuh perawatan ekstra. Jadi untuk penyembuhan tetap harus menggunakan obat yang dianjurkan oleh dokter.

Setelah baca tulisanku di atas, semoga membantu juga ya, mengetahui betapa pentingnya merawat kulit tubuh (jangan cuma kulit wajah aja yang dikasih perhatian ekstra)!!

Cheers,

#QVSkincare #QVBloggerGathering

Instagram | Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s